11/20/2010

Prestasi Belajar

Belajar merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan budaya yang mencakup segala sesuatu yang dipikirkan dan dikerjakan. Belajar memegang peranan penting dalam perkembangan, kebiasaan, sikap, keyakinan, tujuan, kepribadian, dan persepsi manusia.

Ada beberapa konsep tentang belajar:
  1. Menurut W.S Winkel dalam Hamalik (2003:28), belajar adalah aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, ketrampilan dan nilai sikap yang bersifat menetap atau konstan.
  2. Belajar menurut James O. Whittaker adalah proses yang menimbulkan atau merubah perilaku melalui latihan atau pengalaman (Darsono, 2000:4).
  3. Belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang pendidikan. Ini berarti, bahwa berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu amat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa baik ketika ia berada di sekolah maupun di lingkungan rumah atau keluarganya sendiri (Syah, 2003:59).
  4. Belajar menurut Morris L. Bigge adalah perubahan yang menetap dalam kehidupan seseorang yang tidak diwariskan secara genetis (Darsono, 2000:3).
Dari pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa belajar merupakan perubahan dari diri seseorang meliputi ranah kognitif, afektif, psikomotorik akibat adanya latihan, pengalaman dalam interaksi dengan lingkungannya. 

Belajar mengandung 3 (tiga) hal pokok, yaitu:
  1. Belajar sebagai suatu proses yang akan menghasilkan perubahan perilaku.
  2. Perubahan perilaku dalam belajar terjadi karena didahului oleh proses pengalaman.
  3. Perubahan perilaku karena belajar bersifat relatif permanen.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More